Kolaborasi FSC dan EUDR untuk Produk Bebas Deforestasi

Seperti dikutip dari situs FSC dan dokumen FAQ FSC terkait EUDR, dalam upaya global untuk mengurangi deforestasi dan degradasi hutan, berbagai peraturan dan inisiatif terus diperkenalkan. Salah satu inisiatif terbaru adalah Peraturan Uni Eropa tentang Produk Bebas Deforestasi (EUDR).

Peraturan ini bertujuan untuk memastikan bahwa produk yang dipasarkan di Uni Eropa tidak berkontribusi pada deforestasi dan degradasi hutan. Di sisi lain, Forest Stewardship Council (FSC) terus menjalankan misinya untuk mempromosikan pengelolaan hutan yang bertanggung jawab. Kedua inisiatif ini saling melengkapi dan memperkuat tujuan bersama untuk melindungi hutan kita.

Apa Itu EUDR?

EUDR, menurut dokumen resmi yang diterbitkan oleh Uni Eropa, adalah regulasi yang bertujuan untuk mengatasi masalah deforestasi dan degradasi hutan yang terkait dengan komoditas tertentu. EUDR mendorong terciptanya pasar “bebas deforestasi” di Eropa dan secara global. Tujuan utama dari EUDR meliputi:

  • Mendorong sumber daya komoditas yang berkelanjutan dan bertanggung jawab.
    Mencegah deforestasi, degradasi hutan, dan penebangan ilegal.
  • Meningkatkan transparansi dan keterlacakan dalam rantai pasokan.
  • Memastikan bahwa produk yang dipasarkan di Uni Eropa bebas dari deforestasi.

Bagaimana FSC Merespons EUDR?

FSC mendukung perusahaan dalam perjalanan kepatuhan mereka terhadap EUDR melalui inisiatif “Aligned for EUDR“. FSC berupaya menghilangkan kerumitan dalam persyaratan EUDR dan membantu pemegang sertifikat menjadi patuh tepat waktu. Dengan batas waktu hingga 30 Desember 2024, perusahaan harus mematuhi EUDR jika menjual atau mengekspor ke Uni Eropa. Mematuhi EUDR berarti menunjukkan bahwa produk berbasis hutan legal, tidak berasal dari lahan yang telah mengalami deforestasi, dan tidak berkontribusi pada degradasi.

Apa Peran FSC dalam EUDR?

FSC dan EUDR memiliki tujuan yang saling melengkapi dalam memerangi penebangan ilegal, mencegah deforestasi, dan mempromosikan sumber daya yang berkelanjutan. FSC telah berpengalaman dalam implementasi Peraturan Kayu Uni Eropa (EUTR), pendahulu EUDR, sehingga memahami konsep uji tuntas Uni Eropa.

Bagaimana FSC Membantu Kepatuhan terhadap EUDR?

FSC menyediakan sistem yang diakui untuk membuktikan bahwa produk berbasis hutan berasal dari hutan yang dikelola secara bertanggung jawab, bahan daur ulang, dan sumber terkendali, memenuhi persyaratan legalitas dan keberlanjutan EUDR. FSC juga mengembangkan alat tambahan untuk mendukung perusahaan dalam memenuhi persyaratan EUDR.

Nilai Tambah FSC di Bawah EUDR

FSC dikenal sebagai sistem yang kuat dan kredibel untuk memerangi deforestasi dan mempromosikan komitmen bebas deforestasi. Beberapa fitur unik dari FSC meliputi:

  • Platform multi-pemangku kepentingan yang menyeimbangkan kepentingan lingkungan, ekonomi, dan sosial.
  • Peningkatan berkelanjutan dengan menjaga standar FSC selalu diperbarui.
  • Persyaratan lingkungan dan sosial yang kuat, termasuk hak-hak masyarakat adat.
  • Solusi teknologi mutakhir seperti blockchain untuk keterlacakan produk.
  • Transparansi dan integritas melalui sistem verifikasi pihak ketiga.

Mengapa Memilih Sertifikasi FSC yang Selaras dengan EUDR?

  • Dirancang untuk Akurasi: Sertifikasi FSC yang selaras dengan EUDR dirancang khusus untuk memenuhi persyaratan EUDR, sehingga memudahkan proses kepatuhan. Dengan mengikuti panduan ini, perusahaan dapat menghilangkan kerumitan dalam memahami dan memenuhi persyaratan EUDR.
  • Kemajuan Alami: Sertifikasi FSC sudah merupakan langkah kuat dalam mitigasi deforestasi. Dengan membangun di atas fondasi yang sudah kokoh ini, perusahaan dapat lebih mudah mencapai kepatuhan dengan EUDR.
  • Jaminan Kredibel: Melalui verifikasi pihak ketiga yang independen, sertifikasi FSC memberikan lapisan kredibilitas tambahan. Ini membantu perusahaan menunjukkan bahwa produk mereka benar-benar bebas dari deforestasi dan degradasi hutan.
  • Mitigasi Risiko yang Cermat: Setiap aspek rantai pasokan diperhitungkan untuk memastikan perusahaan menyadari potensi risiko dan diberdayakan untuk menguranginya. Kerangka kerja yang dipandu oleh FSC membantu dalam mengidentifikasi dan mengelola risiko tersebut.

Manfaat Menggunakan Pelaporan FSC yang Selaras dengan EUDR

  • Keterlacakan: Infrastruktur FSC Blockchain (Beta) memungkinkan aliran data penting tentang asal produk berbasis hutan dari pengelola hutan hingga pelanggan akhir. Hal ini sangat penting untuk pelaporan EUDR.
  • Penilaian Menyeluruh: Informasi dari penilaian risiko yang dibuat berdasarkan kerangka risiko yang disesuaikan dan diverifikasi oleh audit FSC diintegrasikan ke dalam sistem pelaporan. Ini memastikan bahwa semua aspek risiko diperiksa secara menyeluruh.
  • Bantuan Otomatis: Pernyataan dan laporan uji tuntas dapat dihasilkan secara otomatis sesuai permintaan untuk diserahkan kepada otoritas yang berwenang. Hal ini mempermudah proses administrasi dan memastikan data selalu siap saat dibutuhkan.
  • Pengelolaan Data: Data yang dibutuhkan untuk uji tuntas secara otomatis ditarik dan disusun secara konsisten di satu tempat. Ini membuatnya mudah digunakan, terutama ketika berhadapan dengan rantai pasokan yang kompleks atau dinamis yang menghasilkan banyak data.

Kolaborasi antara EUDR dan FSC memberikan fondasi kuat untuk memastikan bahwa produk berbasis hutan yang dipasarkan di Uni Eropa bebas dari deforestasi dan degradasi hutan.

Melalui sertifikasi FSC, perusahaan dapat lebih mudah memenuhi persyaratan EUDR, menunjukkan komitmen terhadap keberlanjutan dan pengelolaan hutan yang bertanggung jawab. Dengan demikian, inisiatif ini tidak hanya melindungi hutan tetapi juga mendukung perdagangan yang adil dan berkelanjutan.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai kepatuhan EUDR dan peran FSC, anda bisa mengunjungi situs resmi FSC di https://fsc.org/en atau hubungi email: EUDR@fsc.org.

Sumber: https://fsc.org/en/eudr-regulation-on-deforestation-free-products

Tag Berita

Share berita ini di kanal anda melalui:

WhatsApp
Email
Facebook
X

Artikel terkait

Penelitian, Survei, Kajian, pendampingan sertifikasi (SVLK, FSC, PEFC, ISPO, ISO), Komunikasi Multimedia, Teknologi Informasi dan Penyelenggara Acara