PEFC Siap Dukung Pemberlakuan EUDR dengan Pengelolaan Hutan Berkelanjutan

Dikutip dari website PEFC, Program for the Endorsement of Forest Certification (PEFC) menyatakan komitmen jangka panjangnya untuk menghentikan deforestasi melalui promosi pengelolaan hutan berkelanjutan dan produk yang tidak berkontribusi terhadap hilangnya hutan. Komitmen ini semakin ditegaskan dengan dukungan penuh terhadap tujuan Peraturan Uni Eropa tentang Produk Bebas Deforestasi (EUDR).

PEFC menyatakan bahwa standar mereka siap memenuhi banyak elemen utama EUDR. Mereka juga bekerja intensif untuk menyelaraskan standar ini dengan persyaratan EUDR, sehingga perusahaan bersertifikat PEFC dan pemilik hutan bersertifikat PEFC dapat segera mendapatkan manfaat dari solusi praktis yang disediakan agar sukses menerapkan EUDR.

“Di PEFC, kami mengambil pendekatan holistik dalam mengelola hutan secara berkelanjutan. Sertifikasi PEFC mempertimbangkan berbagai pertimbangan lingkungan, sosial, dan ekonomi, sekaligus menangani fokus utama EUDR – deforestasi dan legalitas kayu,” jelas juru bicara PEFC.

Peluncuran PEFC EUDR

PEFC, dengan pengalaman 25 tahun dalam dialog mengenai pengelolaan hutan lestari, menghadapi tantangan EUDR dengan cara yang sama: menyatukan para pakar dan pemangku kepentingan, membangun konsensus, dan memberikan solusi kepada pasar yang fleksibel dan responsif terhadap kebutuhan pemangku kepentingan. Rencana lintas fungsi telah disusun untuk mencakup berbagai aspek dalam EUDR.

Peta jalan PEFC menuju penyelarasan dengan EUDR dirancang untuk memandu organisasi dan anggotanya menuju solusi yang disetujui pada musim panas Eropa tahun 2024. Beberapa langkah penting dalam peta jalan ini mencakup konsultasi publik standar terkait EUDR pada bulan Februari dan Maret serta uji coba standar tersebut antara bulan Maret dan April, dengan target persetujuan pada bulan Mei/Juni 2024.

Kolaborasi dan Dialog Berkelanjutan

Kelompok Kerja dan Satuan Tugas PEFC akan bekerja keras untuk memastikan adanya solusi praktis yang memungkinkan implementasi EUDR secara sukses. PEFC juga terus menjalin hubungan dengan Komisi UE, sebagaimana telah dilakukan sejak awal proses pengembangan EUDR.

“PEFC telah menyusun rencana lintas fungsi untuk mencakup berbagai aspek dalam EUDR. Selaras dengan dialog inklusif dan pendekatan bottom-up kami, anggota PEFC dan pakar eksternal berpartisipasi dalam kelompok kerja dan gugus tugas untuk mengembangkan solusi PEFC EUDR kami untuk pasar,” ujar juru bicara PEFC.

Dengan upaya-upaya tersebut, PEFC menunjukkan keseriusan dan kesiapan mereka dalam mendukung pengelolaan hutan berkelanjutan yang sesuai dengan ketentuan EUDR. Ini menjadi langkah penting dalam memastikan bahwa produk yang dihasilkan tidak hanya legal tetapi juga bebas dari kontribusi terhadap deforestasi, mendukung keberlanjutan hutan global.

Untuk informasi lengkap kunjungi halaman berikut: https://www.pefc.org/news/pefc-your-partner-for-the-eudr

WhatsApp
Email
Facebook
X
Wangoon!

Riset/ Kajian, pendampingan sertifikasi (SVLK, FSC, PEFC, ISPO, ISO), Komunikasi Multimedia dan Penyelenggara Acara

Follow On Us
Facebook
LinkedIn
Pinterest
WhatsApp
Telegram
X