Langkah Mudah Menuju Kepatuhan EUDR dengan Sertifikasi FSC

Uni Eropa akan memberikan panduan lebih lanjut terkait peraturan Produk Bebas Deforestasi (EUDR). Namun, Anda tidak perlu menunggu untuk memulai proses kepatuhan EUDR. FSC terus memperkuat sistemnya dan mengembangkan solusi baru agar semua pelaku di seluruh rantai pasokan bisa memenuhi kewajiban legalitas dan keberlanjutan EUDR, serta peraturan lainnya di Eropa dan dunia.

Seperti dilansir pada website Pusat Berita (News Centre) FSC, berikut enam langkah yang bisa diambil perusahaan atau organisasi anda – termasuk pemegang sertifikat dan lisensi FSC – untuk mempersiapkan kepatuhan EUDR sebelum 31 Desember 2024.

Langkah 1: Buat Daftar Inventaris Komoditas dan Produk Anda

EUDR mengharuskan entitas yang terlibat dalam rantai pasokan komoditas seperti kayu, karet, minyak sawit, kedelai, daging sapi, kopi, dan kakao untuk mematuhi aturan ini. Kayu harus legal, bebas deforestasi, dan bebas degradasi.

Jika Anda tidak yakin apakah produk Anda termasuk dalam EUDR, cek Lampiran I Peraturan. Banyak produk kayu, bubur kertas, dan kertas termasuk dalam cakupan ini. Untuk karet, ban pneumatik baru juga termasuk. Lampiran dapat anda cek pada tautan berikut: https://eur-lex.europa.eu/legal-content/EN/TXT/?uri=CELEX%3A32023R1115&qid=1687867231461

Jika masih kurang jelas, lakukan evaluasi produk Anda berdasarkan dua pertanyaan:

  1. Apakah produk terbuat dari komoditas yang tercakup?
  2. Apakah produk menggunakan kode HS yang tercakup dalam Lampiran 1?

Jika jawabannya “ya” untuk kedua pertanyaan, produk tersebut tercakup. Jika “tidak” untuk salah satu, produk tersebut tidak tercakup.

Untuk produk bersertifikat FSC, tambahkan Kode HS dan Kode Produk FSC untuk membantu mengidentifikasi produk yang berisiko.

Langkah 2: Tinjau Persyaratan Modul Regulasi FSC

Modul Regulasi FSC adalah standar sukarela bagi organisasi yang mengajukan atau memegang sertifikasi FSC untuk memperluas cakupan sertifikasi agar sesuai dengan kewajiban EUDR.

Modul ini menetapkan kerangka dan persyaratan untuk:

  • Memperkenalkan sistem uji tuntas untuk mendukung kepatuhan EUDR, termasuk pengumpulan informasi, penilaian risiko, dan mitigasi risiko.
  • Mengumpulkan dan mengirimkan informasi yang tepat tentang asal produk (geolokasi dan waktu produksi).
  • Memastikan hanya bahan bebas deforestasi yang masuk ke rantai pasokan FSC.

Persyaratan tambahan yang diusulkan dalam Modul Regulasi FSC dapat dipelajari lebih lanjut dengan meninjau paket informasi tentang modul yang dapat anda akses di https://connect.fsc.org/sites/default/files/2024-01/Regulatory%20Module%20Infokit.pdf

Langkah 3: Tinjau Sistem Uji Tuntas Anda Saat Ini

EUDR mengharuskan operator dan pedagang dalam rantai pasokan berbasis hutan untuk melakukan uji tuntas sebelum menempatkan barang di pasar UE.

Jika Anda sudah memiliki sistem uji tuntas, periksa kesesuaiannya dengan persyaratan EUDR. Ini termasuk:

  • Mengumpulkan dan mengirimkan informasi produk yang tepat, seperti deskripsi, negara produksi, tanggal dan waktu produksi, dan data geolokasi.
  • Bukti tindakan uji tuntas dan rencana mitigasi untuk risiko yang diidentifikasi.
  • Melaporkan langkah-langkah uji tuntas yang telah diambil.

Perusahaan bersertifikat FSC akan mendapatkan kejelasan lebih lanjut tentang kewajiban ini dalam Modul Regulasi.

Langkah 4: Siapkan Bersama Rantai Pasokan Anda

Mitra dagang Anda perlu memberikan informasi rinci untuk memenuhi persyaratan pelaporan EUDR. Mulailah berkomunikasi lebih awal untuk menandai jenis informasi yang akan Anda minta dari mereka.

Langkah-langkah lebih rinci:

  • Inventarisasi data yang tersedia untuk transaksi yang melibatkan bahan sumber hutan.
  • Identifikasi potensi celah informasi yang perlu Anda peroleh dari pemasok berdasarkan persyaratan pelaporan EUDR yang diketahui.
  • Identifikasi dan dukung pemasok untuk mendapatkan informasi yang hilang.
  • Evaluasi profil risiko yang ada dalam rantai pasokan Anda.

Jika Anda merupakan pemegang sertifikat FSC, dorong rantai pasokan Anda untuk mempertimbangkan sertifikasi dan Model Regulasi FSC.

Langkah 5: Rencanakan Pertukaran Data yang Aman dengan Mitra Dagang

Memenuhi persyaratan EUDR membutuhkan keterlacakan transaksi yang kuat dari sumber hingga titik akhir (geolokasi). Mitra dagang harus menyepakati detail transaksi seperti volume, produk, plot tanah asal, waktu panen, dan spesies.

Saat ini, FSC sedang membangun platform khusus untuk pemegang sertifikat FSC yang disebut FSC Blockchain untuk membantu memfasilitasi persyaratan keterlacakan ini.

FSC Blockchain memungkinkan pengguna untuk:

  • Memverifikasi status sertifikasi pemasok pada saat transaksi.
  • Menghasilkan klaim yang diverifikasi dan dapat dilacak terkait produk yang diperdagangkan.
  • Mengirimkan data yang relevan tentang bahan mentah yang terdiri dari produk bersertifikat FSC.

Langkah 6: Hubungi Lembaga Sertifikasi FSC tentang Niat Anda untuk Kepatuhan EUDR

Hubungi lembaga sertifikasi FSC yang relevan sekarang untuk menyatakan niat Anda untuk menjadi patuh EUDR. Komunikasi ini memungkinkan lembaga sertifikasi untuk memproyeksikan permintaan dukungan EUDR dan membantu menjadwalkan audit.

Pemegang Sertifikat FSC juga dapat bergabung dengan Program Pengguna Awal untuk memulai proses ini. Info program terdapat pada tautan berikut: https://fsc.org/en/newscentre/eudr/introducing-fsc-eudr-aligned-early-adopter-programme

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, perusahaan atau organisasi anda bisa mempersiapkan diri untuk memenuhi persyaratan EUDR dengan lebih baik dan memastikan rantai pasokan tetap sesuai dengan standar keberlanjutan. Langkah proaktif ini tidak hanya membantu menghindari risiko tetapi juga meningkatkan reputasi bisnis Anda di mata pelanggan dan mitra.

Sumber: https://fsc.org/en/newscentre/eudr/six-steps-companies-can-take-now-to-prepare-for-eudr-and-how-fsc-can-help

Tag Berita

Share berita ini di kanal anda melalui:

WhatsApp
Email
Facebook
X

Artikel terkait

Penelitian, Survei, Kajian, pendampingan sertifikasi (SVLK, FSC, PEFC, ISPO, ISO), Komunikasi Multimedia, Teknologi Informasi dan Penyelenggara Acara